Tempat berbagi cerita,pengalaman dan informasi

BTemplates.com

Kampanye


Stop Bugil

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Search This Blog

Thursday, March 05, 2009

Virus ponsel dan Hard Reset N70


VIRUS di ponsel memang menyebalkan apalagi kalau virus itu diam - diam menghabiskan pulsa tanpa kita sadari, hal itu dilakukan virus dengan mengirimkan pesan sms dan mms tanpa izin.
Hal itu tentunya tidak akan dikehendaki oleh siapapun apalagi kalau kondisi keuangan sedang tidak baik. Hal itulah yang terjadi pada temanku dan ponsel Nokia N70 miliknya.
Sudah beberapa hari ini dia merasa pulsa ponselnya selalu berkurang tanpa sepengetahuannya dan dia mencurigai ada yang tidak beres dengan ponsel miliknya.
Dia berkeluh kesah dan aku menduga kalau virus yang menyebabkan semua itu karena banyak penguna ponsel OS Symbian awam yang mengalami kasus seperti itu.
Akhirnya dia memintaku untuk mencarikan sebuah aplikasi anti virus untuk ponsel miliknya.
Aku mencoba mendownload aplikasi ANTI VIRUS
- disini
dan
- coba disini, untuk ponsel Nokia N70 miliknya. (Bagi penguna ponsel symbian lainnya, bisa mampir dan mendownloadnya langsung lewat ponsel).
Proses download berjalan lancar dan aplikasi terinstal dengan baik kemudian aku jalankan aplikasi itu,

Aplikasi mulai melakukan scan terhadap semua file di dalam memori ponsel dan kartu memory, dari 3000 file yang ada ternyata terdapat 11 file yang terinfeksi virus. Selesai melakukan scan, 11 file yang terinfeksi virus secara otomatis masuk ke folder karantina di dalam aplikasi itu.
Karena sudah lama tidak menyentuh ponsel symbian Nokia, aku tergoda untuk mengetahui lebih banyak tentang Nokia N70 ini.
Tanpa sengaja aku menemukan sebuah aplikasi anti virus lain dalam kartu memori ponsel temanku dan karena penasaran aku mencoba menginstal aplikasi tersebut, selesai terinstal tiba-tiba ponsel hang. Waduh! Kenapa ini?
Mencabut baterei ponsel adalah solusi termudah mengatasi hang karena semua tombol ponsel memang tidak berfungsi.
Aku coba menyalakan ponsel kembali dan awalnya memang terlihat normal tapi ketika sudah terlihat tampilan logo operator tiba-tiba layar ponsel menjadi putih dan hang lagi. Kenapa bisa begini ya?
Mungkinkah karena peng-instal-an 2 aplikasi anti virus sekaligus atau karena 2 aplikasi ini berjalan pada waktu bersamaan sehingga menyebabkan ponsel menjadi hang.
Langkah pertama tadinya aku mencoba menekan *# 7370 # untuk me-reset tapi hal itu tidak bisa dilakukan karena ponsel selalu hang.
Terpaksa ku lakukan langkah hard reset pada ponsel temanku, aku cabut kartu memori dalam ponsel, lalu kutekan tombol dial warna hijau, tombol bintang, tombol angka 3 dan tombol on/off dalam waktu yang bersamaan. Pada awalnya aku selalu gagal karena aku melepaskan keempat tombol itu terlalu cepat, jadi ketika logo Nokia muncul, aku sudah melepas ke empat tombol itu dan hasilnya ponsel tetap tidak ada perubahan, lalu aku coba lebih lama lagi, kali ini aku menekan 4 tombol itu lebih lama sampai akhirnya muncul tampilan menu pilihan negara, lalu aku isi kotak pilihan negara dengan negara asalku Indonesia lalu atur waktu dan tanggal.
Akhirnya berhasil...!! ponsel-nya kembali fresh dan berjalan normal walaupun temanku harus kehilangan beberapa file dan daftar nomor telepon yang tersimpan di dalam memori telpon-nya tetapi paling tidak masih ada yang tersisa di sim card miliknya.
Akhir kata aku tidak jadi mengeluarkan banyak uang untuk perbaikan ponselnya disebabkan kesalahan yang mungkin saja aku lakukan he he he....ya habisnya biasa pakai Soner sih.

Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari sini.

2 komentar:

Anonymous said...

makanya di backup dululah datanya pake pc suit, :D

Anonymous said...

terima kasih atas infonya sangat bermanfaat