Tempat berbagi cerita,pengalaman dan informasi

BTemplates.com

Kampanye


Stop Bugil

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Search This Blog

Friday, July 03, 2009

Buah pisang


Saya termasuk orang yang tidak begitu suka makan buah. Padahal banyak yang mengatakan kalau buah-buahan itu banyak khasiatnya dan penting buat kesehatan tubuh kita. Tapi saya tak begitu peduli tentang hal itu dan tak menganggapnya penting.
Kemarin, tanpa sengaja saya mendengar di radio, penyiar sebuah stasiun radio swasta membahas tentang khasiat buah pisang.
Setelah mendengarkan, saya baru mengetahui kalau ternyata buah pisang itu banyak mengandung zat yang penting buat tubuh kita. Sebelumnya saya hanya mengetahui, kalau buah pisang itu hanyalah sekedar buah untuk pencuci mulut setelah makan siang.
Kandungan pada buah pisang itu ternyata sangat banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan lain-lain, sehingga apabila orang hanya mengkonsumsi buah pisang saja, sudah tercukupi secara minimal
gizinya.
Dibandingkan dengan buah Apel, ternyata pisang memiliki 4 kali lipat protein, 2 kali lipat zat karbohidrat, 3 kali lipat fosfor, 5 kali lipat vitamin A dan zat besi, 2 kali lipat mineral dan vitamin lain. Juga kaya kadar potasium.

Berbagai Manfaat Pisang :
- Sumber tenaga
Buah Pisang mengandung tiga jenis gula alami yaitu Sukrosa, Fruktosa dan Glukosa yang dikombinasikan dengan Fiber.
Pisang memberikan tambahan energi langsung yang cukup banyak. Penelitan telah membuktikan bahwa dengan hanya makan dua buah pisang, kita bisa memperoleh energi yang cukup kuat selama 90 menit.
Pilihlah pisang yang sudah matang, yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning, sebab akan mudah dicerna.
Gula buah pada pisang akan diubah menjadi glukosa alami dan masuk secara cepat ke dalam peredaran darah, menjadi sumber tenaga dan bisa menghilangkan rasa lelah.

- Untuk Ibu Hamil
Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan,
sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.
Zat pada buah pisang juga dapat mengontrol temperatur badan terutama bagi ibu hamil.

- Bagi Penderita Anemia
Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien Anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung zat besi yang tinggi.
Tingginya zat besi pada buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin (sel darah merah).
Buah unik tropis ini juga mengandung zat potassium yg cukup tinggi dan rendah garam, dan dapat membuat tekanan darah menjadi lebih baik. Sehingga mengurangi resiko dari tekanan darah tinggi dan penyakit Stroke.

- Bagi Penyakit Usus dan Perut
Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Juga dapat direkomendasikan bagi pasien sakit perut untuk menetralkan keasaman lambung.
Pure pisang ataupun krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien yang menderita diare.

- Bagi Penderita Lever
Penderita penyakit lever bagus mengkonsumsi pisang, dua buah pisang ditambah satu sendok madu, berkhasiat menambah nafsu makan dan tenaga.

- Untuk Luka Bakar
Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit.

- Pisang dan Kecantikan
Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30-40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan gin atau es, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit.

- Untuk Mengatur Berat Badan
Berdiet empat buah pisang dan empat gelas susu non fat atau susu cair per hari, sedikitnya tiga hari dalam seminggu, hanya akan menghasilkan jumlah kalori sebesar 1250 dan menu tersebut cukup menyehatkan.
Selain itu, diet tersebut membuat kulit wajah tidak berminyak dan bersih.
Pada sisi yang lain, mengonsumsi satu gelas banana milk-shake dicampur madu, buah-buahan, kacang, dan mangga sesudah makan, bisa menaikkan berat badan.

Untuk Perokok : Buah pisang dapat membantu orang yg akan berhenti merokok, karena kandungan vitamin B6 dan B12 dan juga kandungan potasium dan magnesium membantu tubuh mencegah efek dari gangguan dan pengaruh nikotin.

( Diambil dari http://tipsehat.blogspot.com dan berbagai sumber )

Mungkin saya harus merubah pandangan saya tentang buah-buahan karena kalau kita mau lebih mengenalnya ternyata banyak sekali khasiat yang terkandung didalam buah-buahan.
Subhanallah, maha suci Allah yang telah menciptakan berbagai jenis buah-buahan di bumi, agar mahluk hidup di bumi bisa memperoleh manfaat dan mengambil faedah darinya.

0 komentar: