Tempat berbagi cerita,pengalaman dan informasi

BTemplates.com

Kampanye


Stop Bugil

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Search This Blog

Friday, November 20, 2009

Silaturahmi


Imam Thabrani meriwayatkan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda, "Maukah aku beri tahu suatu perbuatan yang akan membuat Allah memuliakanmu dan mengangkat derajatmu?"
Para sahabat menjawab, "Tentu, ya Rasulullah?"
Rasulullah saw bersabda, "Menyantuni orang yang telah berbuat kasar kepadamu, memaafkan orang yang menganiayamu, memberi orang yang mencegahmu (pelit kepadamu), dan menyambung silaturahmi kepada orang yang memutuskan."
Menyambung tali silahturahmi adalah salah satu pintu keberkahan hidup dan dapat mengundang datangnya rezeki.
Ada beberapa keutamaan dari silahturahmi, yaitu:
1. Allah akan memberikan rahmat kepada orang yang suka menyambung silaturahmi dan rahmat Allah itu bisa berupa kemudahan dalam segala urusan, keluasan rezeki dan sebagainya.
Dalam hadits Qudsi, Allah swt berfirman, "Siapa yang menyambung silaturahmi, maka akan Aku sambung rahmat-Ku untuknya. Dan siapa yang memutuskan silaturahmi, maka Aku putuskan pula rahmat-Ku untuknya."
(HR. Tirmidzi dan Abu Daud).
2. Allah akan meluaskan rezekinya. Silaturahmi dapat membuka pintu rezeki karena dari silaturahmi sangat mungkin terbuka peluang-peluang kerjasama yang saling menguntungkan.
Dalam salah satu hadits dikatakan, "Barangsiapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya, maka berbaktilah kepada orangtua dan mempererat silaturahmi." (HR. ahmad).
3. Kita akan memperoleh pahala. Silaturahmi adalah perbuatan yang disukai Allah maka sudah pasti Allah akan memberikan pahala bagi siapa saja orang yang menyambung silaturahmi.
Menjalin tali silaturahmi tidak hanya dilakukan kepada orang yang sudah mempunyai hubungan baik dengan kita, namun yang lebih utama adalah menyambung silaturahmi dengan orang yang telah terputus hubungannya dengan kita.
"Kebajikan yang cepat memperoleh pahala adalah berbuat baik dan silaturahmi. Dan keburukan yang paling cepat mendapatkan siksa adalah menganiaya dan memutuskan silaturahmi." (HR. Ibnu Majah).
Oleh karena itu, marilah kita jalin silaturahmi dengan tulus. Insya Allah kita akan memperoleh keberkahan dalam hidup ini.

0 komentar: