Tempat berbagi cerita,pengalaman dan informasi

BTemplates.com

Kampanye


Stop Bugil

Total Pengunjung

Powered by Blogger.

Search This Blog

Saturday, March 06, 2010

File hilang di kartu memori


Seorang kawan mengalami masalah pada ponsel SE W910i miliknya, dia bingung ketika mendapati folder dan semua file yang terdapat di dalam kartu memorinya hilang.
Kawan saya yang lain, pemilik ponsel Nokia 6303, juga mengalami hal yang sama, dia juga kehilangan semua file yang terdapat dalam folder di kartu memorinya.
Dugaan mereka pada saat itu adalah ponsel mereka terkena virus.
Saya juga menduga, mungkin terdapat virus di dalam kartu memori kedua ponsel ini.
Tadinya saya menyarankan untuk memformat saja kartu memorinya, namun saya teringat pada aplikasi file manager, kenapa tidak saya gunakan saja aplikasi ini untuk mendeteksi, apakah file-file di kartu memori itu benar-benar hilang atau masih ada di dalam kartu memori.
Karena ponsel mereka belum mempunyai aplikasi file manager, maka saya transfer aplikasi yang terdapat di ponsel saya ke kedua ponsel teman saya ini.
Proses instalasi selesai, namun di ponsel nokia, aplikasi ini tidak bisa berjalan sebelum dipindahkan penyimpanannya ke kartu memori.
Saya mengunakan aplikasi file manager mobyexplorer.
Ketika aplikasi ini dijalankan,
kita terlebih dahulu melakukan pengaturan (klik menu > sorot mobyexplorer > geser kekanan > settings) pastikan kotak show hidden files di centang.
Setelah menjalankan aplikasi ini pada kedua ponsel tersebut, terlihat bahwa semua file yang tadinya diduga hilang ternyata masih terdapat dalam kartu memori ponsel, namun dalam posisi hidden alias tidak terlihat.
Untuk membukanya, tekan menu > select properties, tunggu sampai keluar kotak pilihan dan hilangkan centang pada kotak hidden.
Akhir kata, semua file kini bisa kembali terlihat di kedua ponsel tersebut.
Mudah-mudahan pengalaman ini bisa bermanfaat buat teman-teman pemilik ponsel java.


7 komentar:

Dee-nesia said...

wew, makasih banyak, saya coba, hasilnya belum ketahuan sech, saya pake G502i, masalahe yang kurang lebih sama, file di kartu m2 saya gampang kacau, hp sering restart tanpa alasan gitu.

wewego said...

Lam knal Dee-nesia, G502 kamu hrs di upgrade tuh firmware-nya. Coba ke sini
Untuk tutorialnya. Thx dah mampir.

Hosting Murah Indonesia Indositehost.com said...

salam kenal

http://kombetkampret.blogspot.com/2010/05/hosting-murah-indonesia-indositehostcom.html

Anonymous said...

sayangnya tidak berhasil pada hp W660-ku mas...
hik...hik...
puluhan lagu hasil donlut hilang tanpa sebap...

mobil keluarga ideal terbaik indonesia said...

hmmm....

Poppy AlexanO said...

Kam 3 Mrt 2011, kebetulan sy mo mentransfer data di memory card 1 G lbh tptnya Micro SD (yg ada di HP Nokia 6120 Classic)dan menghubkan-nya pake kabel data ke Kompi ktr (pake Linux bkn Windows).
Biasanya di Hpku akan muncul 3 options: PC Suite, Data Transfer n 1 lg lupa. Dan biasanya sy akan pilih Data Transfer.
Dan X ni Tdk Biasa de, di HPku tdk muncul 3 options td atopun option2 laennya, tp lgs muncul Gbr USB (tanda HP sdh konek ke Kompi) tp di HP/pun Kompi tdk muncul data2 yg ada di mku.
Pd Kam tu data2 di MCku msh OK2 sj.
Jum 4 Mrt 2011, sore hr mndadak HPku mgeluarkan kt2, Semua data akan disimpan ke Phone Memory, dan ktk aku pindah ke PM dan blk ke MC, smua data hilang lenyap tak brbekas.
Sab 5 Mrt 2011, aku mnt tlg kponakanku u/ mmbuka MC dr Card Reader. So, yg bs kmb cm Foto2 n Video2, tp data2 spt Message (Oya br bbrp Mgg ni aku nyimpen Msg ke MC [krn disrh seseorg u/ mnyimpan Msg ke MC], biasanya brtahun2 Msg2 kusimpen ke PM tdk spt ni), Games, Opera Mini, FB ga ada.
Aku jd brtny2 yg slh yg mn??
Skrg MCku jd aneh n bikin HPku Hang. Data Manager MC jd bgn: Capacity: 968MB, Used : -69926912B, Free: 1035MB.
Apa yg hrs kulakukan ya? Makasi ya.....

wewego said...

Lam kenal poppy, kayaknya MCnya bermasalah tuh. Coba di format aja MCnya lewat hp. Tp file2 yg tersisa dipindahkan dl. Mudah2an bs digunakan lg MCnya.
Thx dah mampir.